Alat Optik 2 ( Magnifying Glass )

Posted: Minggu, 13 Maret 2011 by Unknown in
0

LUP ( Kaca Pembesar )

Kaca pembesar atau lebih dikenal dengan sebutan LUP adalah sebuah lensa cembung yang digunakan untuk melihat benda-benda  kecil agar tampak lebih jelas atau besar. Prinsip yang berlaku dalam LUP identik dengan spesifikasi pada lensa cembung. 
Bayangan yang dibentuk oleh lup bersifat maya, tegak, dan diperbesar. Untuk mendapatkan bayangan semacam ini objek harus berada di depan lensa dan terletak diantara titik pusat O dan titik fokus F lensa. untuk menghasilkan bayangan yang diinginkan, lup dapat digunakan dalam dua macam cara, yaitu dengan mata berakomodasi maksimum dan dengan mata tidak berakomodasi.
Perbesaran bayangan pada lup merupakan besaran sudut yaitu perbandingan sudut penglihatan menggunakan Lup dengan sudut penglihatan tanpa menggunakan lup  dan secara matematis dapat dinyatakan dengan persamaan berikut :
Perbesaran anguler ( sudut ) lup tergantung pada keadaan  akomodasi  mata, Untuk  mata berakomodasi maksimum untuk mendapatkan perbesaran bayangan yang diinginkan., maka  bayangan yang terbentuk harus tepat berada di titik dekat mata (s’ = sn = jarak titik dekat mata).

Perbesaran bayangan yang dihasilkan oleh lup dengan mata berakomodasi maksimum adalah  
  Dimana P adalah perbesaran lup, sn adalah jarak titik dekat mata (sn = 25 cm untuk mata normal), dan f adalah jarak fokus lup
Agar mata relaks dan tidak cepat lelah, lup digunakan dalam keadaan mata tidak berakomodasi. Untuk mendapatkan perbesaran bayangan yang diinginkan dalam keadaan mata tidak berakomodasi, bayangan yang terbentuk harus berada sangat jauh di depan lensa (jarak tak hingga). dalam hal ini objek harus berada di titik fokus lensa (s = f).
Perbesaran bayangan yang dihasilkan oleh lup dengan mata tidak berakomodasi adalah
Dimana P adalah perbesaran lup, sn adalah jarak titik dekat mata (sn = 25 cm untuk mata normal), dan f adalah jarak fokus lup. Anda dapat mencoba lebih memperdalam pemahaman tentang LUP dengan mencoba menyelesaikan masalah di bawah ini :
Problem 1
Seorang petugas pemilu mengamati keaslian kartu suara dengan menggunakan lup berkekuatan 10 Dioptri. Apabila dia memiliki titik dekat 30 cm dan ingin memperoleh perbesaran anguler maksimum maka hitung jarak kartu suara harus ditempatkan terhadap LUP ! ( 7,5 cm )
 Problem2
Sebuah lup mempunyai jarak fokus 5 cm dan digunakan untuk melihat benda pada jarak 5 cm dari lup. Hitunglah perbesaran anguler lup tersebut ! ( 5 kali )

    0 komentar:


    REMIDI FISIKA SEMESTER 2