Menentukan Vektor Resultan dengan Analisis Vektor

Posted: Rabu, 03 Agustus 2011 by Unknown in
1

Dalam penjumlahan dan pengurangan dua buah vektor atau lebih kita mengenal cara geometri yang terdiri dari metode poligon (segitiga) dan metode jajaran genjang dan cara analitik (analisis vektor). Untuk menjumlahkan atau mengurangi dua buah vektor dengan menggunakan cara geometri sangat mudah dan tidak memakan tempat, namun jika penjumlahan beberapa vektor yang membentuk sudut tertentu terhadap bidang datar, memerlukan ketelitian dan keakuratan dalam menggambar dan mengukur, sehingga terkesan dengan cara ini terlalu rumit. Oleh karena itu dapat digunakan metode alternatif yaitu dengan cara analisis vektor.
Analisis vektor adalah penguraian sebuah vektor yang terletak pada bidang XY, menjadi dua buah vektor yaitu komponen vektor terhadap sumbu X dan komponen vektor terhadap sumbu Y. Perhatikan gambar di bawah :

Dari gambar di atas, sebuah vektor A berada pada bidang XY membentuk sudut α  terhadap sumbu X maka vektor tersebut diuraikan menjadi Ax dan Ay. Dengan Ax adalah komponen vektor A terhadap sumbu X, Ay adalah komponen vektor A terhadap sumbu Y.
Berdasarkan aturan Trigonometri, maka komponen-komponen vektor tersebut dapat ditentukan dengan persamaan sebagai berikut :
Ax = A cos α
Ay = A sin α
Dengan
A   =  besar vektor A
Ax =  besar vektor Ax
Ay =   besar vektor Ay

Untuk menjumlah vektor secara analitik, maka vektor-vektor tersebut diuraikan terlebih dahulu, kemudian komponen-komponen vektor yang searah (terletak pada sumbu yang sama), dijumlahkan. Sebagai contoh, perhatikan penjumlahan vektor A dengan vektor B menggunakan cara analitik sebagai berikut :


Sehingga kita mendapatkan hasil :

dan besarnya vektor resultan ( R ) dapat ditentukan sebagai berikut :
Untuk menambah pemahaman konsep analisis vektor coba perhatikan contoh dibawah ini, dan untuk latihan soal dapat di kerjakan di sini




















1 komentar:

  1. Unknown says:

    pa, mau bertanya,.
    misalkan:
    Dik: Fr=40 N cos=30 derajat
    Dit: Fy dan Fx

    bagaimana caranya pa...?


REMIDI FISIKA SEMESTER 2