Implementasi Paket Aplikasi Sekolah di SMA Negeri Jumapolo

Posted: Selasa, 11 September 2012 by Hasto Hari in
0

PAS-SMA (Paket Aplikasi Sekolah – Sekolah Menengah Atas) adalah program komputer yang dikembangkan oleh Direktorat Pembinaan SMA yang ditujukan kepada sekolah untuk membantu pelaksanaan ICT Based School Management. PAS SMA atau yang sering disebut PAS saja, mempunyai cakupan cukup luas, mulai dari pengelolaan PSB, Kesiswaan, Kurikulum sampai dengan keuangan. 
Sebenarnya aplikasi ini sudah mulai sosialisasikan sejak tahun 2007, namun dalam implementasi paket aplikasi di Sekolah baik jenjang pendidikan dasar maupun menengah belum dilaksanakan secara maksimal.Hal ini terjadi karena belum adanya follow up dari sosialisasi Paket Aplikasi Sekolah tersebut dengan memberikan pelatihan atau workshop, sehingga pada tingkat lapangan banyak menemui kesulitan kesulitan hingga akhirnya banyak sekolah yang tidak melanjutkan aplikasi ini bahkan enggan melaksanakannya.
Untuk kabupaten Karanganyar sekolah yang dijadikan pilot projectnya adalah SMA Negeri 1 Karanganyar dengan didahului  pemberikan pelatihan selama hampir 15 hari di Surabaya.
Sebagai kelanjutan dari kegiatan ini, pada tanggal 3 s.d 4 September 2012 diadakan workshop Implementasi Paket Aplikasi Sekolah di SMA N 1 Karanganyar dengan mengundang 9 sekolah negeri dan 1 sekolah swasta. 
Setelah selesainya kegiatan ini, SMA Negeri Jumapolo sebagai salah satu peserta segera bergerak cepat dengan memberikan sosialisasi PAS ini kesegenap warga sekolah sekaligus membentuk  TEAM IMPLEMENTASI PAKET APLIKASI SEKOLAH dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah Nomor: 800/712/2012 tanggal 10 September 2012.
Berikut  Team Implementasi PAS sesuai dengan lampiran  SK Kepala SMA N Jumapolo No 800/712/2012
Penanggung Jawab : Drs. Sardiyo, M.Pd
Koordinator : Hasto Tyas Harjadi, S.Pd.,M.Pd
Sekretaris : Indraswariyanti Hernowosiwi, S.Psi
Administrator Teknis : Agus Dwihandoyo, S.Kom
Administrator Pelaksana : 1. Christianto Tri Cahyono, S.Pd, 2. Marjuki, S.Pd
Administrator Data : Wahyu Setyowati, S.Pd
Sebagai langkah awal kerja team, dimulai dengan pengenalan PAS oleh Bp. Hasto TH sebagai koordinator dan dilanjutkan  pembicaraan mengenai teknis pembuatan data awal yang meliputi data guru dan data siswa. Untuk waktu dua minggu kedepan data kepegawaian dan data siswa ditargetkan sudah selesai dan siap disinkronisasikan ke data base Direktorat jenderal Pendidikan di Jakarta. 
Untuk data siswa digunakan sarana pengisian online menggunakan fasilitas Google.docs, dengan format menyesuikan data yang ada dalam aplikasi ini.
Oleh karena itu, berhubung sedemikian luasnya cakupan kerja ini, mustahil dapat terwujud tanpa partisipasi dan peran aktif segenap civitas akademika SMA Negeri Jumapolo, Semoga Allah Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran demi terwujudnya ICT Based School Management di SMA Negeri Jumapolo tercinta ini, Amiin
Bagi siswa siswi yang ingin memasukkan data individu siswa dapat mengunjungi link di bawah ini:

0 komentar:

REMIDI FISIKA SEMESTER 2